Senin, 07 November 2016

Keutamaan Bermurah Hati

Tags

Dari Aisah RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda : Orang pemurah itu dekat dengan Allah , dekat dengan manusia dekat dengan sorga, dan  jauh dari neraka, Sedangkan orang bodoh yang murah hati lebih disukai Allah dari pada orang alim tapi kikir."

ada satu cerita keutamaan orang pemurah dari kalangan orang majusi namanya Bahram.
diriwayatkan dari Abdullah ibnul Mubarak berkata, " Aku pergi haji pada suatu tahun. ketika berada di hijir Ismail., ak tertidur , kulihat dalam mimpi Rasulullah bersabda : Apabila enngkau pulang ke bagdad, mampirlah ketempat begini dan begitu, carilah Bahram orang majusi, sampaikan salam ku, dan katakan bahwa Allah ridha padanya.

Aku terbagun dan mengucapkan" tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah yang maha suci dan agung. ini adalah mimpi setan.

Aku berwudhu, salat lalu thoaf keliling kabah, aku tertidur  dan kuliat lagi kejadian itu dalam tidur tiga kali.
seusai mengerjakan haji dan kembali ke bagdad kucari tempat dan rumah itu, ku temukan seorang tua lalu kukatakan apa engkau bahram oarang majusi itu? ia menjawab benar."

Apa engkau punya kebaikan disisi Allah ? bahram menjawab Ya, aku mempunya 4 putri dan empat putra, ku kawinkan putri putriku dengan putra putraku. aku berkata" ini adalah haram, apa engkau punya kebaikan selain itu?.

Bahram menjawab " Ya" aku mengadakan walimah bagi orang Majusi diwaktu mengawinkan putri-puriku" Aku juga berkata ini juga haram, apa engkau punya selain itu.? Bahram menjawab "ya" aku mempunyai seorang putri yang paling baik dan cantik aku tidak mendapatkan jodoh yang sepadan dengannya. kukawinkan dia dengan diriku dan kuadaakan walimah pada malam itu dengan undangan lebih dari 1000 orang majusi. itu malam pertama bersetubuh dengan putriku.

aku berkata ini juga haram.
Apa engkau punya selain itu? bahram menjawab " Ya". pada malam aku bersetubuh dengan putriku datang seorang perempuan muslimat yang minta lampu dari ku. kuberikan lampu kepadanya. ia pulang dan memadamkannya " perempuan itu datang kedua kalinya, kunyalakan lampu kemudia ia keluar memadamkannya.

perempuan itu datang lagi ketiga kalinya, kunyalakan lampu kemudian dipadamkannya."
aku berkata kata dalam hatiku,"barang kali ini ata mata pencuri aku keluar mengikutinya, ia masuk kerumah menemui putri putrinya. ketika masuk anak naka pertanya. Wahai Ibu apakah engkau membawa makanan bagi kami, kami tidak tahan lapar?.

Berlinang air mata ibu dan berkata " aku malu kepda Tuhanku untuk meminta kepda seorang selain dari padan_Nya kususnya dari musuh Allah yaitu orang majusi.

Bahram berkata" tatkala aku mendengar omonganya, aku pulang ke rumah aku pergi sendiri kerumahnya."

Abdullah Munbarok berkata." Ini adalah kebaikan dan ada kabar gembira bagimu.
"Kuberi tahu kepdanya tentang mimpi berjumpa dengan Rasulullah kuceritakan kepadanya mimpi itu."
Bahram kemudian mengucapkan dua kalimat syahadat, lalu dia pun rebah dan mati seketika itu.

aku tidak meninggalkan bahram, hingga aku memandikanya, mengafani, menyolati dan menguburkannya. A
Abdullah ibnul Mubarak berkata : Hai hamba hamba Allah, bermurah hati lah terhadap mahluk Allah dengan sebaik baiknya karena ia bisa mengubah musuh menjadi kekasih.

 












EmoticonEmoticon