Selasa, 18 Oktober 2016

DIALOG NABI MUSA AS & NABI NUH AS DENGAN IBLIS

Tags


MENYINGKAP  TENTANG   DIALOG  NABI MUSA AS & NABI NUH AS DENGAN IBLIS
Disebutkan, bahwa Iblis pernah menjumpai Nabi Musa as. Lalu iblis, berkata    kepadanya:  Hai Musa ! Engkau adalah Rasul pilihan Allah dan Tuhan: berkata    dengan engkau. Sedang aku adalah salah satu darl makhluknya yang telah    berdosa,  oleh karena  aku ingin bertaubat, berikanlah aku syafa'at, agar Tuhan  menerima taubatku.
Musa as menjawab : Bolehlah ! Maka  ketika  Musa as. naik ke atas bukit dan  berkata­kata dengan Tuhan Azza waJalla dan mau turun berfirmanlah Tuhan   kepadanya : Tunaikalah amanah  ! Musa as berkata: Wahai Tuhanku, hambaMU    Iblis ingin bertaubat. Lalu Allah mewahyukan kepada Musa as : Wahai Musa,    sesungguhnya  engkau telah menunaikan amanat  !  Suruhlah ia {iblis} _          bersujud kepada kubur Adam as, sehingga ia KUterima taubatnya, Kemudlan    Musa  as  menemui    Iblis   dan  berkata  kepadanya:
Telah kusampaikan hajadmu dan kamu diperintah bersujud ke pekuburan Adam   as,'  sehingga taubatmu. diterima oleh­NYA.
Dengan sombong dan congkak Iblis berkata: Apa ! ­Aku disuruh sujud kepadanya,     sedang   aku   tidak  mau  bersujud dikala ia  masih   hidup,   apalagi    setelah    dia  wafat.  Kemudian  Iblis­ berkata     lagi   kepada: Musa  as  : Wahai   Musa  ! Engkau    memiliki hak   kepadaku,     disebabkan    engkau memberi   :syafa  'at   kepadaku,    kepada   "Tuhanmu.   .Ingatlah     akan   aku,  dalam   tlga  hal,   jika   engkau   bisa   menjauhi engkau tidak  akan   kubinasakah.
Aku  akan  rnernasuki.  engkau  lewat   jalannya    darah,
1.    lngatlah engkau    kepadaku ­  ketika     marah, sebab  se­ sungguhnya   manusia  itu  'ketika marah, niscaya    ak; hembuskan    dalam    hidupnya,    sehingga    ia   lupa   terhadap  apa   yang   diperbuat,
2.    Ingatlah  engkau kepadaku  ketika engkau berada di medan   peperangan.    Sebab   aku   akan    mendatangi   manusia,   ketika     mereka    di  medan   perang, lalu  mereka aku   ingatkan   isterinya,    anak­anaknya    dan   keluarga nya,   sehingga   mereka   berpaling  dari   medan   perang.
3.    Jagalah   dirimu    dari    duduk­duduk     dengan    wanita   yg bukan  ­ muhrim. ­  Maka  aku   sebagai     penengah   untuk menimbulkan  fitnah    diantara    keduanya.
Disebutkan   pula,   bahwa    Nabi   Nuh   as   ketika    memasuki   kapalnya,  dengan   membawa   masing­rnasing   berpasang­an.  Yakni  jantan    dan betina,    sebagaimana   yang   diperin­ tahkan    Tuhan,   Lalu   Nabi   Nuh   as   melihat    seorang    laki­la ki  tua   yang   sudah   dikenalnya.:  Nabi   Nuh.  as  bertanya   :   Apa   yang    membawa     engkau    masuk   kemari   ­?   lblis   (orang tua    itu)    menjawab:  Aku   masuk   kemari,    dengan   tujuan untuk  membawa    bencana .   kepada hati umatmu.  Lalu  hati  mereka  aku kuasai  sedang   badannya    bersama engkau. Lalu Nabi   Nuh  as  berkata  : Keluar   dari   kapal   Ini  hai   musuh  Allah   !  Bngkau   sesungguhnya    terkutuk. Lalu  Iblis  itu   berkata: Lima   macam tipu   daya yang bisa menjerumuskan   manusia,  sedang aku hanya akan    menerangkan   kepadamu   tiga   perkara, Dan  yang  dua  perkara    tidak aku   ceritakan padamu, Lalu Allah Ta 'ala menurunkan wahyu,Engkau  tidak memerlukan  yang  tiga   perkara itu oleh  'karena Itu  .tanyakan    yang   dua  perkara    saja. Lalu   Nabi ­Nuh    as  bertanya  ­  : Apa  yang   dua . perkara    Itu   ?Iblis menjawab rakus   dari   dengki, Adapun rakus,. akan akibat    perbuatan   ini  pernah  menyeret  Adam   turun   kedunia · Dan   sebab   dengki   aku   menjadi    makhluk   terkutuk.
Oleh : Ustad Abdul ghoni Asykur


EmoticonEmoticon