Selasa, 04 Oktober 2016

Kisah Nabi Nuh AS Membuat Kapal

Tags

Nabi Nuh adalah seorang nabi, setelah dua tahun Nabi Idris AS meninggal dunia, maka diutuslah nabi Nuh untuk berdakwah, diangkatnya nabi Nuh pada usia 480 tahun, ia menyeruh pada umatnya  untuk kembali pada Allah selama 500 tahun.

Nabi Nuh diutus  pada umat yang sangat rusak budi pekertinya, sehingga mereka tidak ubah seperti binatang , hal ini karena mereka tidak mau menurut dengan agama, maka dimana mana timbul kerusuhan, hukum rimba pun dijalankan sehingga yang kuat menindas yang lemah.

Keadaan seperti itu sejak Nabi Idris sampai pada Nabi Nuh, karena umatnya sudah banyak yang membangkang pada ajakan nabi nabi terdahulu Nabi Nuh merasa kesulitan untuk mengembalikannya pada ajaran yang benar. dikarenakan umatnya sudah mengikuti adat turun temurun.

meskipun demikina Nabi Nuh AS, tidak pernah mengeluh, ia mengajak umatnya yang ada didaerah itu semakin bertambah pengikutnya walaupun tidak banyak, dan banyak pula para penentang ajakan Nabi Nuh yang tidak setujuh dengan ajaran atau nasihat nabi nuh, sehingga mereka membuat tipu muslihat untuk mecelakai Nabi Nuh tetapi dengan izin Allah tidak ada yang berhasil,

suatu ketika Nabi Nuh datang ketempat berhala yang dipuji orang orang kafir, nabi Nuh dalam hatinya tertawa karena patung yang dipuji orang kafir tidak bisa berbuat apa apa kerna patung dibuat dari batu. setelah orang kafir itu selesai memuji dan berjamuan, kepala sukunya tampil didepanya dengan suara lantang wahai umat ku persembahan harta kalian yang paling kau suka, sebab tuhan suka dengan barang itu, teriakan pemuka kafir. kemudia beberapa orang menaruh barang mas yang ia sukai dihadapan patung yang tadi disembah.

Setelah Nabi Nuh As mengetahui kejadian itu Nabi keluar dari meyusup sanggar pemujaan orang kafir, diperjalanan Nabi Nuh memikirkan orang orang yang menyembah berhala, Rasanya mustahil sangat tidak masuk akal kalau batu yang mereka puja dapat membantu dan menolong kesulitan mereka.

Hal itu menjadi beban sang Nabi, maka malam hari beliau tidak bisa tidur memikirkan yang dilihat pada siang hari umatnya menyembah berhala, Nabi nuh punya niat tekad yang bulat untuk menyadarkan umatnya dari kesesatan maka beliau berdo'a kepada Allah mohon petunjuk untuk menyadarkan pemuka dan pengikut yang kafir.

keesok harinya Nabi Nuh mendatangi rumah pemuka kafir tersebut meyuruh untuk mengumpulkan orang orang, setelah mereka terkumpul nabi nuh maju kedepan berbicara lantang " wahai saudara saudaraku, hentikanlah persembahan mu pada berhala berhala ini, sebab ia hanya batu, yang sangat tidak masuk akal jika dapat menolong kesuliytan mu, mulai sekaran sembah Dan Puji Nama Allah seperti yang ku lakukan.

namn pemuka orang kafir tidak setuju jika ia dan kaumnya harus menyembah selain berhala, peringatan yang disampaikan Nabi Nuh tadi hanya beberapa orang yang  mengikuti ajakan nabi nuh,

kejadian ini dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Nuh ayat 23,
artinya : dan mereka berkata, janganlah sekali kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan tuhan kamu dan jangan pula sekali kali meninggalkan(penyembah) wad dan jangan pula Suwa, yaghust, Ya'ud dan nashr"

Beliau berdakwah sampai berusia 650 tahun,  dapat dibayangkan betapa usia beliau, walaupun demikina nabi Nuh tidak pernah putus asa, walaupun selama berdakwah beliau dapat pengikut 70 sampai 80 orang.

setelah Nabi Nuh berdakwah bertahun tahun berbagi rintangan ia hadapi sampai dengan perdepatan dengan pemuka orang kafir tentang pembuktian dirinya nabi nuh adalah seorang nabi dan utusan Allah walaupun sudah dibuktikan oleh nabi nuh mereka tetap tidak mau mengikuti ajaranya.

setelah dirasa umatnya tidak mau diajak pada jalan Allah kebenaran, maka Nabu Nuh mengadukan nasibnya kepada Allah seperti diterangkan dalam alquran surat al-muminun ayat 26 :
artinya " Nuh berdo'a : Ya Tuhanku, tolonglah aku , karena mereka mendustakan aku"

setelah nabi Nuh berdo'a maka Allah menurunkan wahyu-Nyaseperti yang telah diteangkan dalam al-Qur'an surat al-Mu'minun ayat 27.
yang artinya : " lalu kami wahyukan kepada : buatlah bahtera dibawah penilikan dan petunjuk kami, maka apabila perintah kami telah datang dan tannur memancarkan air, maka nailklahke dalam bahterasepasang dari setiap tiap jenis, dan juga keluargamu, kecuali orang yang terlebih dahulu ditetapkan (akan ditimpa azab) diantara mereka, dan dan jangan bicara dngan Aku tentang orang -orang zalim, karena sesungguhnya mereka akan ditengelamkan."

Setelah mendapat wahyu tersebu nabi nuh membuat bahtera bersama kaum yang mengikutinya, disertai dengan dakwah barang kali mereka ada yang mau mengikuti ajaranya, eh malah mereka kau kafir tetap meng olok olok nabu nuh katanya orang gila.

malah ketika nabi nuh membuat kapal di hina katanya sudah berhenti berdakwah malah jadi tukang kayu, tapi dalam hati nabi nuh berkata engkau wahai orang kafir tidak tahu setelah kapal ini selesai engkau baru tahu apa yang terjadi nanti,

setelah beberapa bulan lamaya barulah kapal nabu nuh yang dibuat bersama pengikutnya selesai, nabi nuh menyuruhkan pada kaumnya yang sudah beriman untuk naik didalamnya.

beliau juga tidak lupa untuk membawa masing-masing binatang yang berpasangan serta tumbuhan yang dapat diambil buahnya.

setelah semua pengikutnya didalam kapal dan berapa bintang dengan pasang pasanganya, Nabi Nuh berkata " kini azab yang dijanjikan Allah telah datang lihatlah awan hitam yang datang dari arah timur dan bergulung gulung itu, sungguh benar janji Allah "kata nabi nuh seraya menunjukan awan hitam yang mulai datang, kemudian beliau melihat anaknya yang bernama kan"an berada ditengah tengah orang orang kafir Nabi Nuh mengajaknya untuk naik kekapalnya agar terhindar dari azab Allah, namun kan'an menolaknya ajakan ayahnya.

maka datanglah azab Allah untuk kaum nabi Nuh Yang membangkang dengan ditengelamkan dengan air hujan yang deras.

mudah mudahan cerita ini menjadi ibroh kepada kita supaya selalu inggat kepada Allah.





EmoticonEmoticon